Gunung Merapi Meletus Kembali, Kolom Setinggi 5.000 Meter


Cintanetworking.com - Gunung Merapi merupakan Gunung paling Aktif di Pulau Jawa, Bahkan di Indonesia masyarakat nya sudah tidak asing lagi apalagi riwayat atau sejarahnya kerap dikaitkan dengan cerita rakyat atau mitologi Jawa yang bahkan samapi saat ini juga sebaian orang masih mempercayainya.

Jika kita lihat, Gunung Merapi ini bukan lah hanya sekedar Legenda semata, Lereng selatan Gunung Merapi termasuk ke dalam Wilayah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Sedangkan Lereng lainnya merupakan bagian dai wilayah Provinsi Jawa Tengah, Yaitu Magelang (Sisi Barat), Boyolali (Utara dan Timur), serta Klaten (Tenggara).

Gunung Merapi memang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Yogyakarta dan Gunung Merapi ini sudah beberapa kali Meletus dan ada yang bilang setiap 5 tahun sekali Gunung Merapi ini kerap Meletus kembali.

Gunung Merapi Kembali Meletus dengan Kolom Setinggi 5.000 Meter



 
Gunung Merapi Meletus Kembali, Kolom Setinggi 5.000 Meter - Cintanetworking.com
Gunung Merapi Meletus Kembali, Kolom Setinggi 5.000 Meter - Cintanetworking.com
Gunung Merapi ini sangat lah berbahaya dan dikatakan masih Aktif sampai saat ini dan menurut catatan Modern telah mengalami Erupsi setiap 2 samapi 5 tahun sekali dan di sekitarnya di kelilingi pemukiman yang sangat-sangat padat.

Kalau di totalkan sejak tahun 1589, Gunung Merapi ini sudah Meletus sebanyak 68 kali dan tentu mengakibatkan kerusakan alam, korban jiwa yang tidak sedikit.

Ditahun 2020 ini ternyata Gunung Merapi kembali Erupsi pada waktu hari Selasa, 3 Maret 2020 sekitar jam 05.22 WIB dengan ketinggian kolom 600 Meter dikatan berstatus waspada.

Lelusan Gunung Merapi ini terlihat dari daerah Musuk, Kabupaten. Boyolali, Jawa Tengah dan sangat terlihat jelas sekali ketika Gunung Merapi ini Erupsi atau Meletus.

Tahun 2020 Gunung Merapi Kembali Meletus dengan ketinggian 5.000 Meter

 
Gunung Merapi Meletus Kembali, Kolom Setinggi 5.000 Meter - Cintanetworking.com
Gunung Merapi Meletus Kembali, Kolom Setinggi 5.000 Meter - Cintanetworking.com
Kembalinya Gunung Merapi yang Meletus ini mengeluarkan awan panas, Berdasarkan laporan dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencaaan Geologi Yogyakarta (BPPTKG Yogyakarta).

Letusan Gunung Merapi ini berdurasi sekitar 7 Menit an dan akibat dari Letusan ini muncul abusetinggi 5.000Meter dari kawah Gunung Merapi nya.

Pihak BPPTG Yogyakarta saat ini masih menetapkan status Gunung Merapi pada level II atau waspada, Status yang ditetapkan itu sampai saat ini masih belum berubah sejak Bulan Mei 2018.

Jika dilihat Radius bahaya nya masih sama, Yaitu 3 km an dari puncak Gunung Merapi seta mengantisipasi gangguan abu Vulkanik dari Eruvsi.

Sampai saat ini Warga, Masyarakat khusnya Yogyakarta masih khwatri dan was-was atas terjadinya letusan Gunung Merapi ini dan semoga meraka selalu diberi keselamatan.

0 Response to "Gunung Merapi Meletus Kembali, Kolom Setinggi 5.000 Meter"

Post a comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel