Penjelasan Materi Proses Pada Sistem Operasi

Cintanetworking.com - Assalamuallaikum Warahmatullahi Warahmatullahi, Pada kesempatan kali ini melanjut dari pembahsan sebelumya yaitu dan untuk kali ini saya akan membahas Penjelasan Materi Proses Pada Sistem Operasi.

Penjelasan Materi Proses Pada Sistem Operasi - Cintanetworking.com
Proses Sistem Operasi - Cintanetworking.com
Berbica soal Sistem Operasi, Perlu kita ketahui bahwa dalam Sistem Operasi itu ada Prossesnya dalam berjalannya dan pengelolaan sumberdaya dalam sebuah sistem. Dibawan ini adalah pembahasannya lengkap.

Berikut Penjelasan Materi Proses Pada Sistem Operasi Yang Wajib Anda Ketahui


Prosses Sistem Operasi - Cintanetworking.com

A. Definisi Proses Sistem Operasi


Proses pada Sistem Operasi berisikan instruksi, program counter, data, register pemroses, alamat pengiriman, stack data dan variabel pendukung lainnya. Berikut ini beberapa pengertian tentang proses, diantaranya adalah :

  1. Proses adalah sebuah konsep utama pada sistem operasi, sehingga masalah manajemen proses adalah masalah utama pada perancangan sistem operasi.
  2. Proses adalah program yang sedang dieksekusi.
  3. Proses adalah unit kerja terkecil yang secara individu mempunyai sumber daya dan dijadwalkan oleh sistem operasi.
Untuk kegiatan proses, sistem operasi berperan untuk mengelola segala proses pada sistem dan mengalokasikan sumber daya ke proses tersebut. Berbagai proses berjalan secara bersamaan, dimana setiap proses mendapatkan bagian-bagian memori dan kendali sendiri-sendiri (peran SO), sehingga setiap proses (program) memiliki 2 prinsip di bawah ini :

  1. Independent, adalah program-program tersebut berdiri sendiri, tidak saling bergantung dan terpisah.
  2. One program at any instant, adalah hanya satu proses yang dilayani oleh pemroses pada satu waktu.
Pada multiprogramming, teknik penanganan proses adalah dengan menjalankan satu proses dan secara cepat berpindah ke proses lainnya (bergiliran), sehingga menumbulkan efek paralel semu (pseudoparallelism).

B. Status Proses


Meskipun pada setiap proses terdiri dari suatu kesatuan yang terpisah, tetapi adakalanya proses-proses tersebut butuh saling berinteraksi. Satu proses dapat dibangkitkan dari output proses lainnya 
ebagai input.

Saat proses dieksekusi, akan terjadilah perubahan status. Status proses diartikan sebagai bagian dari aktivitas proses yang sedang berlangsung pada saat itu. Status-status proses terdiri atas .

  1. New : proses yang sedang dibuat
  2. Running : proses yang sedang dijalankan
  3. Waiting : proses sedang menunggu beberapa event (kejadian) yang akan terjadi (seperti penyelesaian input output atau penerimaan sebuah signal / tanda)
  4. Ready : proses sedang menunggu untuk diproses oleh prosesor
  5. Terminated : proses telah selesai menjalankan tugasnya (selesai dieksekusi)

C. Process Control Block (PCB)


Setiap proses direpresentasikan / digambarkan oleh sistem operasi dengan menggunakan Process Control Block (PCB), seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Informasi yang terdapat pada setiap proses meliputi :

  1. Status Proses : New, ready, running, waiting dan terminated.
  2. Program Counter : Mengindikasikan alamat (address) dari perintah selanjutnya untuk dijalankan untuk proses ini.
  3. CPU Registers : Register beragam dalam jumlah dan jenisnya tergantung pada rancangan arsitektur komputer yang bersangkutan. Register tersebut terdiri dari accumulator, stack pointer, index register, general-purposes register, ditambah code information pada kondisi apa pun.
Selama Program Counter berjalan, status informasi harus disimpan pada saat terjadi interrupt. Pada gambar di bawah ini, ditunjukkan switching proses dari satu proses ke proses selanjutnya.

  1. Informasi Penjadwalan CPU : Informasi ini berisikan prisoritas dari sebuah proses, pointer ke antrian penjadwalan, dan beberapa parameter penjadwalan yang lainnya.
  2. Informasi Manajemen Memori : Informasi ini berisikan nilai (basis) dan limit register, page table, atau segment table tergantung dari sistem memori yang digunakan oleh sistem operasi.
  3. Informasi Accounting : Informasi ini berisikan jumlah CPU dan real time yang digunakan, account numbers, time limits, jumlah job maupun proses, dan lain sebagainya.
  4. Informasi Status Input Output : Informasi ini berisikan deretan input output device (seperti tape driver) yang dialokasikan untuk proses tersebut, deretan file yang dibuka, dan lain sebagainya.
Ya, Mungkin itu sedikit pembahasan yang bisa saya sampaikan pada kesemapatan hari ini yaitu tentang Penjelasan Materi Proses Pada Sistem Operasi. Semoga apa yang disampaikan di atas ini bisa menjadi Ilmu Pengetahuan dan Wawasan bagi Anda semuanya.

Silahkan Share jika Artikel ini bermanfaat.

Wasallamuallaiku Warahmatullahi Wabarakatut.

Silahkan Berkomentar Di "Penjelasan Materi Proses Pada Sistem Operasi"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel