Penjelasan Materi Sistem Bus Pada Organisasi Dan Arsitektur Komputer

Cintanetworking.com - Assalamuallaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, Selamat datang kembali pembaca setia Cinta Networking dimana pun anda berada dan semoga selalu dalam keadaan baik baik saja.

Pada kesempatan kali ini saya akan membagikan pembahasan masih seputar dunia Komputer yang pastinya akan menambah Ilmu Pengetahuan dan Wawasan bagi Anda semuanya, Pembahasannya yaitu Penjelasan Materi Sistem Bus Pada Organisasi Dan Arsitektur Komputer.

Berikut Penjelasan Materi Sistem Bus Pada Organisasi Dan Arsitektur Komputer

Penjelasan Materi Sistem Bus Pada Organisasi Dan Arsitektur Komputer  - Cintanetworking.com
Sistem BUS - Cintanetworking.com

System bus atau bus sistem, dalam arsitektur komputer merujuk pada bus yang digunakan oleh sistem komputer untuk menghubungkan semua komponennya dalam menjalankan tugasnya. Sebuah bus adalah sebutan untuk jalur di mana data dapat mengalir dalam komputer. Jalur-jalur ini digunakan untuk komunikasi dan dapat dibuat antara dua elemen atau lebih. Data atau program yang tersimpan dalam memori dapat diakses dan dieksekusi oleh CPU melalui perantara sistem bus.

Bus adalah bagian dari sistem komputer yang berfungsi untuk memindahkan data antar bagian – bagian dalam sistem komputer. Data dipindahkan dari piranti masukan ke CPU, CPU ke memori, atau dari memori ke piranti keluaran.

Jenis - Jenis Bus Dalam Arsitektur Komputer


1. Data Bus 

Penjelasan Materi Sistem Bus Pada Organisasi Dan Arsitektur Komputer  - Cintanetworking.com
Sistem BUS - Cintanetworking.com

Data Bus adalah jalur‐jalur perpindahan data antar modul dalam sistem komputer. Karena pada suatu saat tertentu masing‐masing saluran hanya dapat membawa 1 bit data, maka jumlah saluran menentukan jumlah bit yang dapat ditransfer pada suatu saat.

1. Berfungsi untuk mentransfer data, membawa data dari dan ke perangkat atau periferal
2. Terdiri atas beberapa jalur penghantar, 8, 16, 32 bahkan 64 bahkan lebih jalur paralel
3. Data ditransmisikan dalam dua arah, yaitu dari CPU atau mikroprosesor ke unit memori atau modul I/O dan sebaliknya.
4. Semakin lebar bus maka semakin besar data yang dapat ditransfer sekali waktu.


2. Control Bus

Penjelasan Materi Sistem Bus Pada Organisasi Dan Arsitektur Komputer  - Cintanetworking.com
Sistem BUS - Cintanetworking.com

Control Bus adalah salah satu dari tiga macam bus yang terdapat pada sistem mikroprosesor. Adapun bus kontrol adalah jalur yang digunakan untuk menyalurkan sinyal kontrol. Contoh dari sinyal kontrol yaitu sinyal baca memori (memory read/MEMR) dan sinyal tulis memori (memory write/MEMW).

1. Berfungsi untuk mensinkronkan proses penerimaan dan pengiriman data.
2. Untuk mengatur memori atau port agar siap ditulis atau dibaca.
3. Sinyal Kontrol: RD, WR, IO/M
4. Sinyal Read dan write : untuk mengakses data ke dan dari perangkat


3. Address Bus

Penjelasan Materi Sistem Bus Pada Organisasi Dan Arsitektur Komputer  - Cintanetworking.com
Sistem BUS - Cintanetworking.com

Address Bus Digunakan untuk menandakan lokasi sumber ataupun tujuan pada proses transfer data. Pada jalur ini, CPU akan mengirimkan alamat memori yang akan ditulis atau dibaca.Address bus biasanya terdiri atas 16, 20, 24, atau 32 jalur paralel.


  1. Membawa informasi untuk mengetahui lokasi suatu perangkat atau periferal
  2. Untuk memilih lokasi memori atau port yang akan ditulis atau dibaca
  3. Untuk menentukan rute data, bersumber dari mana, tujuannya ke mana.
  4. Bersifat searah, cpu memberikan alamat yang bertujuan untuk menentukan periferal mana yang dituju. Contoh memori mana yang dituju atau I/O mana yang dituju.
  5. Semakin besar bus alamat, akan semakin banyak range lokasi yang dapat dialamati.
  6. Jumlah alamat yang dapat dituju pada Bus alamat adalah sebanyak 2n. n jumlah jalur Bus alamat.

Contoh Bus Dalam Arsitektur Komputer


1. Bus ISA

Industri computer personal lainnya merespon perkembangan ini dengan mengadopsi standarnya sendiri, bus ISA (Industry Standar Architecture), yang pada dasarnya adalah bus PC/AT yang beroperasi pada 8,33 MHz. Keuntungannya adalah bahwa pendekatan ini tetap mempertahankan kompatibilitas dengan mesin-mesin dan kartu-kartu yang ada.

2. Bus PCI

Peripheral Component Interconect (PCI) adalah bus yang tidak tergantung prosesor dan berfungsi sebagai bus mezzanine atau bus peripheral. Standar PCI adalah 64 saluran data pada kecepatan 33MHz, laju transfer data 263 MB per detik atau 2,112 Gbps. Keunggulan PCI tidak hanya pada kecepatannya saja tetapi murah dengan keping yang sedikit.

3. Bus USB

Semua perangkat peripheral tidak efektif apabila dipasang pada bus kecepatan tinggi PCI, sedangkan banyak peralatan yang memiliki kecepatan rendah seperti keyboard, mouse, dan printer. Sebagai solusinya tujuh vendor computer (Compaq, DEC, IBM, Intel, Microsoft, NEC, dan Northen Telecom) bersama-sama meranccang bus untuk peralatan I/O berkecepatan rendah. Standar yang dihasilakan dinamakan Universal Standard Bus (USB).

4. Bus SCSI

Small Computer System Interface (SCSI) adalah perangkat peripheral eksternal yang dipo[ulerkan oleh macintosh pada tahun 1984. SCSI merupakan interface standar untuk drive CD-ROM, peralatan audio, hard disk, dan perangkat penyimpanan eksternal berukuan besar. SCSI menggunakan interface paralel dengan 8,16, atau 32 saluran data.

5. Bus P1394 / Fire Wire

Semakin pesatnya kebutuhan bus I/O berkecepatan tinggi dan semakin cepatnya prosesor saat ini yang mencapai 1 GHz, maka perlu diimbangi dengan bus berkecepatan tinggi juga. Bus SCSI dan PCI tidak dapat mencukupi kebutuhan saat ini. Sehingga dikembangkan bus performance tinggi yang dikenal dengan FireWire (P1393 standard IEEE). P1394 memiliki kelebihan dibandingkan dengan interface I/O lainnya, yaitu sangat cepat, murah, dan mudah untuk diimplementasikan.

Baca Juga :



Ya, Mungkin itu sedikit pembahasam tentang Penjelasan Materi Sistem Bus Pada Organisasi Dan Arsitektur Komputer yang bisa saya sampaikan pada kesempatan hari ini. Semoga apa yang saya bahsa ini bisa menjadi Ilmu Pengetahuan dan wawasan bagi anda semuanya.

Silahkan Share jika Artikel ini bermanfaat.


Hasil Penelusuran Terkait

Penjelasan Materi Sistem Bus Pada Organisasi Dan Arsitektur Komputer, Organisasi SIstem Komputer, Organisasi dan Arsitektur Komputer, Sistem Bus Pada Komputer, Bus sistem, cara kerja sistem bus, makalah sistem bus, fungsi sistem bus, bus komputer adalah, it bus

Silahkan Berkomentar Di "Penjelasan Materi Sistem Bus Pada Organisasi Dan Arsitektur Komputer"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel