Sejarah Dan Perkembangan Jaringan - Cinta Networking

Pembahasan Sejarah Dan Perkembangan Jaringan - Cinta Networking 

Sejarah Dan Perkembangan Jaringan, Assalamualaikum ... Selamat Malam Sahabat Sahabat Semuanya Dan dimanapun sahabat berada. Pada hari ini pastinya saya akan membahas suatu artikel yang akan membagikan menambah ilmu bagi sahabat sahabat sekalian Sekaligus Memberikan Informasi Yang Bermanfaat Bagi Semuanya.


Selepas di pertemuan sebelumnya saya membahas dan memberikan informasi mengenai mengenai Sejarah Dan Pekembangan Mikrotik Dari Dulu  Hingga Sekarang, Nahh Spesial di Sore ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang teori awal dalam jaringan dasar yaitu Sejarah Dan Perkembangan Jaringan.

Dan Sebelumnya Saya Telah Membagikan Beberapa Artikel Tentang Basic Basic DalamSertifikasi MTCNA


Baca Juga :

Model OSI Layer 7 Dalam Jaringan Dasar
Sejarah Jaringan Dari Duli Hingga Saat Ini
Cara Cara Mengakses Router MikrotikPembasan Subneting Dalam MTCNA
 Pembahsan IP Address, Port Number, Dan Mac Address

Di hari yang Sudah Larut Ini Saya Akan Membahas Artikel Berikutnya Yaitu Bagaimana Sih
Sejarah Dan Perkembangan Jaringan Komputer Dari awal terciptanya sampai saat ini kita gunakan senagai kebutuhan manusia.

Langsung saja ke pembahasannya.





Jaringan komputer,  pasti banyak sekali dari sobat sobat sekalian yang sudah sering mendengar istilah ini khususnya anak TKJ (tehnik komputer dan jaringan).

Ya, jaringan komputer merupakan suatu rangkaian atau hubungan komputer yang saling terkoneksi dan juga salin terhubung satu sama lain yang bisa saling berinteraksi dan saling bertukar data.


Latar belakang terciptanya jaringan komputer :

Pentingnya penggunaan jaringan  dalam kehidupan manusia di dunia ini. oleh karena itu, Ada banyak sekali tujuan utama dari menghubungkan  komputer di dalam satu jaringan yang saling terhubung. 

Singkatya, jaringan komputer itu sendiri dapat digunakan untuk berbagai kepentingan manusia, mulai dari kepentingan suatu perusahaan atau korporat, hingga kebutuhan individual alias kebutuhan personal dan masih banyak lagi penggunaan jaringan dalam kehidupan manusia di dunia ini.

Tentu saja penggunaan jaringan komputer ini pastinya memilki banyak sekali manfaat yang sanga lah berguna untuk kehidupan kita, terutama di era modern seperti ini, dimana hampir semua yang kita lakukan, menggunakan bantuan dari sistem komputer, phonsel pintar dan juga jaringannya. Dan sampai saat ini penggunaan jaringan komputer sudah menjadi kebutukan manusia.

Contoh saja Kebutuhan antar komunikasi jaringan komputer pada suatu perusahaan ketika hendak membutuhkan kompunikasi antar divisi yang berada di dalam satu gedung tetapi berbeda ruangan. dengan menggunakan komunikasi jaringan lokal (LAN) dari semua komputer di dalam perusahaan tersebut.

Maka komunikasi dan juga proses sharing data antar instasi dalam komputer yang saling terhubung satu sama lainnya dan bagian di dalam perusahaan akan menjadi jauh lebih mudah dan lebih evesien lagi Dan pastinya akan jauh lebih aman.

Atau saja  penggunaan secara personal, yang paling terasa dan banyak di gunakan adalah penggunaan jaringan di dalam rumah pribadi. Satu modem bisa digunakan oleh lebih dari 1 device, seeperti PC, Laptop, hingga smartphone agar bisa mengakses dunia luar (dunia internet) yang sangat luas.

Sejarah Jaringan komputer

Apabila dilihat dari awal terciptanya ide penggunaan jaringan komputer. maka kira kira sudal lebih dari 70 tahun lamanya teknologi jaringan komputer iini mulai di gunakan pertama kalinya. apabila saat ini jaringan komputer sudah banyak di nikmati oleh banyak orang dan juga untuk berbagai keperluan, namn ternyata pada awalnya ide peggunaan jaingan komputer jauh lebih sederhana dari pada penggunaan saat ini.

Pada awalnya, ide untuk menciptakan suatu jaringan komputer adalah hanya agar suatu perangkat sistem komputer agar saling terhubung asatu sama lainnya dan  bisa diguakan secara bersama  sama. Hal ini tentu saja dipengaruhi oleh faktor harga dari suatu komputer yang masih mahal, dan belum bisa dibeli oleh orang biasa pada saaat itu dan juga belum banyak di gunakan oleh banyak orang.
1. Pada tahun 1940-an : Batch Processing



Penciptaan dan penggunaan Barch Processing ini mulai dikemukakan pada era 1940-an tepatnya di sebuah laboratorium Bell dan juga grup riset dari Univerrsitas Harvard Di Amerika Serikat. Saat tu, Prof. H.Aiken memimpin suatu penelitian mengenai proyek pengembangan dari komputer MODEL I. Pada saat itu, penggunaan komputer ingin dimaksimalkan, agar bisa digunakan secara bersamaan oleh banyak orang dan dapat mengerjakan banyak proses pekerjaan tanpa perlu membuang waktu banyak.

Maka dari itu, Terciptanya suatu implementasi program bernama Batch Processing atau yang dalam bahasa Indonesia yang berarti proses beruntun. Proses inilah yang kemudian dapat memanfaatkan beberapa komputer bisa mengerjakan banyak program dan pekerjaan dalam sekali waktu dan sekaligus mempermudah pekerjaan manusia.

2. Pada tahun 1950-an : Mulai dikembangkan proses TSS (Time Sharing System) 




10 tahun kemudian, setelah kejayaan penggunaan system Batch Processin (proses beruntun). tepatnya pada era 1950-an, penggunaan dan juga pengembangan dari sebuah sistem komputer semakin dikembangkan dan juga meluas. Pada era ini ditandai dengan berkembangnya suatu system yaitu super komputer. Dengan terciptanya dan dikembangkannya system super komputer ini, maka hal ini mempengaruhi tuntutan dari perusahaan, dimana sebuah komputer harus bisa melayani dan juga menjalankan program di beberapa terminal pada jaringan di dalam suatu prusahaan agar mempercepat proses pekerjaan manusia.

Karena adanya tuntutan inilah, maka dikembangkannya suatu sytem baru yang lebih evesien lagi dan terciptanya sebuah sistem yang dikenal dengan nama TSS atau Time Sharing System. Sistem ini merupakan sistem pertama yang benar  benar mengimplementasikan dan juga menjadi cikal bakal terbentuknya Network atau jaringan yang kita kenal hingga saat ini.

TSS (Time Sharing System) ini merupakan suatu sistem dimana sebuah komputer dapat melayani beberapa terminal yang dikenal juga dengan istilah distribusi berdasarkan waktu pekerjaannya. Sistem ini memungkinkan satu komputer bertindak sebagai server atau host, yang dapat diakses dengan menggunaakn terminal atau workstation, atau client client yang tersedia dalam waktu bersamaan yang saling terhubung satu sama lainnya di dalam suatu komputer.

3. Pada tahun 1970-an – Distribution Processing Lanjutan/Perkembangan dari TSS 



Perkembangan teknologi di dunia ini memang lah tidak ada habisnya dan terus berkembang. Setelah proses TSS mulai berkembang dan di gunakan banyak orang, maka pada tahun 1970-an mulai lah dikembangkan lah suatu sistem jaringan komputer yang baru. Sistem jaringan ini disebut dengan nama proses distribusi (Distribution Processing).
  • Latar Belakang Terciptanya Distribution Processing
Ide/Konsep sistem jaringan komputer ini dibuat karena beberapa beban pekerjaan yang mampu ditanggung oleh sebuah komputer menjadi lebih banyak dan lebih cepat selesai, sedangkan komponen komponen dan harga dari sebuah komputer sangat mahal. Karena itu, suatu data yang terdapat di dalam host ataupun server dibagi bagi secara paralel dengan host lainnya agar penggunaan data dapat di pakai semua host/komputer.
  • Kelebihan dari Distribution Processing
Penggunaan sistem jaringan ini memungkinkan lebih dari 2 host/komputer dalam mengerjakan tugasnya atau pekerjaannya, dimana masing masing komputer client atau komputer server mampu melayani banyak terminal atau client lainnya. Dengan adanya proses ini, maka sudah pasti kemampuan dari sebuah client atau pun server dalam mengolah data dan melayani station atau terminal menjadi lebih optimal atau evesien, karena dapat menghandle dan nmelayani banyak sekali terminal di dalam suatu jaringan.

4. Pada tahun 1972 terciptanya Terobosan baru yaitu Surat Elektronik dan ARPANET




Selanjutnya pada tahun 1972, seseorang bernama Roy Tomlison berhasil mengembangkan suatu sistem surat elektronik, yang kita kenal pada zaman modern ini sebagai pembawa pesan dengan waktu yang sangat cepat dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja. Segera setelah email berkembang pesat dan banyak diminati oleh banyak orang.

Roy membangun suatu jaringan yang diberi nama ARPANET, yang ternyata sangat mudah untuk digunakan. Dengan demikian, program jaringan ARPANET ini kemudian mulai meluas dan populer penggunaannya dan mulai dikembangkan lebih lanjut hingga saat ini dan manfaatnya sangat terasa di kalangan orang orang yang hendak mengirim surat lewat e-mail juga proses pengiriman dan penerimaan sangat cepat dan lebih simpel/evesien.
5. Pada tahun 1973 teciptanya Kelahiran dari internet atau jaringan internasional 
 (International Network)


 
Setahun berikutnya setelah bekembangnya ARPANET, yaitu pada tahun 1973 dua orang ahli komputer bernama Vinton Cerf dan juga Bob Kahn yang mulai mengembangkan dan juga mengusulkan bagaimana caranya agar sebuah jaringan komputer yang sangat luas dan bisa saling terhububg satu sama lainnya juga dapat digunakan oleh seluruh dunia. kedua orang tersebut yang membuat sebuah gagaasan besar, yang sebenarnya menjadi sebuah cikal bakal dari terciptanya internet atau international network. Saat ini, internet pun sudah menjelma menjadi jaringan terbesar yang ada di dunia, dan dapat menghubungkan setiap orang di berbagai belahan dunia juga sudah menjadi kebutuhan manusia.

6. 1980 – an Terciptanya Standarisasi jaringan dengan menggunakan TCP/IP


 
Dengan berkembangnya teknologi komputer, dan juga maraknya penciptaan komputer baru hingga era 80-an, maka saat itu kebutuhan akan jaringan antar komputer menjadi semakin banyak dan diminati. oleh Karena itu, dibuatlah suatu protokol atau aturan aturan resmi mengenai jaringan internet.

Pada tahun 1982, sebuah protokol dibuat, yang diperi nama TCP (transmission Control Protocol) atau yang saat ini sering kali kita kenal dengan istilah IP (Internet Protocol). Protokol ini memungkinkan banyak komputer dapat saling terhubung ke dalam sebuah jaringan international yang dapat menghubungkan banyak pengguna di seluruh dunia dengan pengelamatan ip address yang adapat di atur.

7. 1984 Terciptanya Pengenalan Domain Name System


 
Dengan adanya TCP/IP ini, maka setiap komputer dapat terhubung melalui jaringan internet secara luas dan mendunia dengan identitan atu pengelamat ip addres pada seiap pengguna komputer yang tehubung dalam suatu jaringan. Pada tahun 1984 diperkenalkan sistem domain. Sistem domain ini kemudian dapat menyeragamkan alamat – alamat yang berada pada jaringan yang sama. Domain ini kemudian kit akenal dengan istilah domain name system atau DNS, dimana dalam satu DNS terdapat beberapa alamt yang berbeda, dan dapat dikunjungi oleh banyak orang, siapapun itu yang sudah terhubung ke dalam jaringan internet.

8. 1988 Terciptanya Internet Relay Chat, Fitur yang mulai berkembang pesat


 
Dengan banyakanya perkembangan di dalam dunia jaringan komputer, termasuk di dalamnya adalah LAN,WAN,MAN, dan internet, hal ini juga berkembang pesat sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Pada era 1980an, tepatnya pada tahun 1988, seorang yang berasal dari Finlandia, yaitu Jarkko Oikaren mengembangkan suatu sistem chatting atau yang kita kenal saat ini yaitu (watsap,sms an dan lain lain)  berbasi jaringan komputer secara luas dengan menggunakan internet. Sistem ini dinamakan sebagai internet relay chat (IRC) dimana pada penggunanya sebagai user dapat melakukan chatting dengan orang lain dengan menggunakan jaringan internet yang sangat luas dan mendunia.
  • Keunggulan Internet Relay Chat
Pada saat itu, fitur fitur cat seperti ini merupakan salah satu terobosan/ide baru, karena pada saat ini fitur fitur yang  terkirim lewat pesan seperti SMS juga belum populer, atau bahkan mungkin belum ada dan belum banyak di gunakan oleh orang orang. Dengan adanya pengembangan aplikasi Chatting tersebut sampai terrciptanya beberapa aplikasi chatting, tahun – tahun itu penggunaan komputer dan juga masuknya komputer ke dalam jaringan bertambah dengan sangat pesat. Kira  kira, masuknya komputer ke dalam suat jaringan komputer secara internasional (internet) melonjak hingga 10 kali lipat, meskipun belum memiliki fitur fitur yang canggih seperti saat ini atau zaman modern ini.

9. 1990-an Terciptanya Kelahiran WWW atau World Wide Web 



Pengembangan system teknologi baru ini kemudian menjadi semakin luar biasa, ketika pada era tahun 1990, seorang bernama Tim Berners Lee mulai mengembangkan dan juga merancang suatu program penyunting dan juga program yang dapat melihat isi dari internet, yang kita kenal hingga saat ini dengan nama www atau world wide web (nama domain). Pengembangan dari www ini sangat memungkinkan antar komputer agar dapat melakukan penjelajahan  membuka suatu alamat www dan memberikan akses bagi sesama komputer dalam membentuk suatu jaringan yang luas.
  • Penggunaan www yang semakin berkembang pesat
Tidak berhenti sampai saat itu saja, namun perkembangan sejarah dari sebuah jaringan komputer sudah menjadi lebih pesat lagi dan banyak orang mengembangkannya. Penggunaan www dalam jaringan internet, membuat penggunaan komputer yang saling terhubung antar jaringan menjadi lebih dari 1 juta komputer pada tahun 1992 yang saling terhubung satu sama lainnya dan dapat saling mengakses dalam jaringan internet. Dua tahun kemudian, alamat website yang terdaftar di dalam berbagai domain yang tersedia di dalam jaringan internet sudah berada pada angka lebih dari 3000 situs yang dapat di akses oleh semua orang yang terhubung kedalam jaringan internet.
  • Fitur – fitur yang berkembang pada era www (Domain)
Pada tahun ini pula, banyak orang yang sudah mulai bisa berbelanja dengan menggunakan alamat website, yang dikenal dengan istilah e-retail, yang saat ini berkembang menjadi e-commerce. Tahun ini pula, Yahoo mulai berdiri, dan muncullah penggunaan netscape navigator sebagai alat atau pun browser (mesin pecari) yang dapat digunakan untuk melakukan browsing beberapa situs dngan mengetikan di browser atau mesin pencari yaitu dengan mengetikan www.alamat situs yang di tuju.com dan sudah terdaftar di dalam jaringan internet. hinggan saat ini browse/mesin pencari sedah banyak berkembang dan tekenal yaitu google, yahoo, bin, dan masing banyak lagi

10. Selanjutnya Sejarah Jaringan komputer kabel 



Apabila kita berbicara mengenai jaringan komputer, maka sudah pasti kita tidak akan lepas dari hardware apa saja yang digunakan pertama kali dalam jaringan komputer. Sejak pertama kali diciptakan, sebuah jaringan yang menghubungkan komputer dengan komputer lainnya telah menggunakan teknologi kabel sebagai penghubungnya. Dengan menggunakan kabel, maka hal ini akan membuat sebuah komputer bisa saling terhubung ke dalam suatu jaringan.

Pada saat pertama digunakan jenis kabelnya masih menggunakan jenis kabel tembaga. Namun demikian, era kabel tembaga saat ini mungkin sudah hampir berakhir dan tidak di gunakan lagi, karena saat ini sudah banyak sekali jaringan yang memungkinkan untuk menggunakan jenis kabel yang menggunakan serat optik atau dikenal dengan stilah fiber optik. Saat ini banyak orang orang beralih menggunakan kabel fiber optik dan juga penggunaan teknologi wireless yang sangat evesien sudah merupakan teknologi standar yang banyak diterapkan oleh para provider (ISP) yang dapat menyambungkan komputer anda dengan jaringan internet.
  • Ethernet Card dalam jaringan komputer
Pada saat pertama kali terbentuk, ide mengenai jaringan komputer masih menggunakan teknik sederhana untuk menghubungkan beberapa komputer yang satu dengan yang lainnya sebagai suatu jaringan komputer yang saling terhubung. barulah ketika jaringan LAN mulai populer, dibutuhkan sebuah hardware yang dapat mendukung konektivtas antar komputer secara lokal dan terstandarisasi. Perangkat itu adalah perangkat ethernet card/Lan card.
  • Fungsi Ethernet Card
Ethernet card sendiri berfungsi untuk mendukung penggunaan jaringan LAN alias Local Area Networ antar komputer dengan menghubungkan kabel kanel ke ethernet card, sehingga dua atau lebih komputer bisa saling terhubung satu sama lain dengan mudah. Hal ini juga dapat digunakan untuk membantu mendukung konektivitas dari peer to peer locak are network (LAN).
  • Sejarah penggunaan Ethernet Card
Ethernet Card pertama kali diciptakan dan juga dikembangkan oleh Xerox pada tahun 1976. dan kemudian pada tahun 1983 ethernet card kemudian menjdi salah satu protokol standar untuk membangun suatu jaringan lan dan juga dapat digunakan untuk mengkoneksi komputer dengan jaringan internet yang lebih luas. saat ini ethernet card sudah ter pasang pada setiap komputer/laptop yang di dapat di hubungkan menggunakan kabel konektor yang dapat di hubungkan ke beberapa perangkat jaringan seperti hub/swich, router dan masih banyak yang lainnya.

11. Pada Tahun 80 - 90 an akhir (Penggunaan jaringan Internet secara luas) 



Pada era 80 hingga 90an akhir, penggunaan internet kemudian semakin meluas dan terkenal di beberapa belahan dunia. Hal ini tentu saja ditunjukkan dengan mulai bermunculannya berbagai situs dan juga website yang menjadi suatu informasi yang dapat di akses oleh anyak orang melalui jaringan internet, serta mulai bertambah banyaknya pengguna komputer yang terhubung dengan jaringan internet yang luas. Saat itu, penggunaan jaringan internet bisa digunakan dengan menggunakan koneksi dial up.
  • Penggunaan Koneksi dial up dalam jaringan internet
Dial up merupakan suatu kondisi dimana sebuah komputer dapat terhubung dengan jaringan internet dengan menggunakan suatu kabel telepon. Penggunaan kabel telepon di gunakan dan di manfaatkan sebagai penghubung komputer dengan jaringan internet. tentu saja merupakan salah satu terobosan baru, karena banyak orang pada saat itu sudah memiliki telepon rumah pribadi dan orang orang banyak menggunakan internet. oleh Karena itu, penggunaan internet pun menjadi salah satu hal yang benar  benar meledak dan juga banyak diminati oleh banyak orang di seluruh dunia.

Dari penggunaan dial up ini, kemudian munculah istilah modem ADSL. Modem ADSL adalah suatu prangkat yang mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog berfungsi untuk mencegah terjadinya kekacauan saat melakukan koneksi internet dengan menggunakan dial up. Ketika menggunakan dial up, fungsi telepon rumah tidak dapat digunakan. karena, dengan menggunakan modem ADSL, maka meskipun sebuah komputer sedang terkoneksi dengan dial up, fungsi telepon dan juga fax masih bisa berjalan dengan baik tanpa ada kenda apapun.

12. Jaringan Wireless 



Sejarah dari jaringan komputer juga tidak lepas dari adanya perkembangan dari sejarah wireless network. Wireless network memungkinan dua atau lebih komputer bisa saling terhubung dengan koneksi norkabelatau komputer dapat saling terhubung tanpa menggunakan kabel yaitu dengan sinyal yang di pancarkan menggunakan media wireless. Wireless menggunakan koneksi yang memanfaatkan gelombang, dimana dengan adanya teknologi ini, setiap komputer yang sudah bisa membaca sinyal yang dipancarkan melalui gelombang, bisa saling terhubung satu sama lain walaupun jarak antar komputer saling berjauhan atu antar gedung.
  • Sejarah pengembangan wireless
WiFi (Wireless Fidelity) sendiri pada awalnya dikembangkan oleh IBM pada tahun 70 an dengan menggunakan teknologi IR  (infra red). Pada awalnya, wireless ini merupakan teknologi yang dirancang untuk mendukung konektivitas jaringan lokal atau LAN. Namun demikian, pada saat diuji coba, kekuatan dan juga kecepatan yang dihasilkan oleh konektivitas Wireless ini tidak memuaskan, sehingga tidak dipasarkan ke banyak orang.

Baru kemudian pada tahun 1990 penggunaan WiFi mulai bisa dipasarkan setelah melewati berbagai macam perjuangan untuk mengembangkan dan inovas yang barui. Hingga saat ini, penggunaan WiFi semakin berkemban dan banyak di gunakan oleh banyak orang di dunia ini untuk saling mengkoneksikan komputer dalam satu jaringan, dan mulai bermunculan berbagai macam modem WiFi, yang memungkinkan banyak penggunanya terhubung dalam satu jaringan yang sama tanpa menggunakan kabel di dalam suatu ruangan.

Mungkin itu sedikit pembahasan artikel tentang Pembahasan Sejarah Dan Perkembangan Jaringan dan semoga artikel ini dapat berguna dalam menambah ilmu pengetahuan sobat sobat semuanya. Teutama yang sedang belajar dasar dasar jaringan.
Terima Kasih Telah Membaca Pembahasan Artikel Di atas Di Blog "cintanetworking" dan Tunggu Beberapa Artikel Terbarunya tentang dunia jaringan.

8 Responses to "Sejarah Dan Perkembangan Jaringan - Cinta Networking"

  1. Membantu banget nih informasinya bagi orang awan seperti saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Telah berkunjung dan semoga bermanfaat..
      jangn bosan untuk mampir lagi ...

      Delete
  2. Sangat membantu artikelnya gan. Makasih

    ReplyDelete
  3. nice artikel gan. jadi tambah tau tentang jsringan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Gan, Semoga bermanfaat Dan tunggu beberapa artikel terbarunya yang pastinya tentang dunia jaringan ...

      Delete
  4. sip gan,tugas dari guru jadi seleai berkat artikel ini

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel