Pengertian Jaringan Dan Jenisnya - Cinta Networking


Pengertian Jaringan Dan Jenisnya, Assalamualaikum ... Selamat Pagi Sahabat Sahabat Semuanya Dan dimanapun sahabat berada. Pada Pagi Hari ini saya akan membahas suatu artikel yang akan menambah ilmu bagi sahabat sahabat sekalian Sekaligus Memberikan Informasi Yang Bermanfaat Bagi Semuanya. 

Selepas di pertemuan sebelumnya saya membahas dan memberikan informasi mengenai Sejarah Jringan Dari Duli Hingga Saat Ini. Nahh Spesial di Pgi Yang Cerah ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang Basic basic dasar Jaringan.

Dan Sebelumnya Saya Telah Membagikan Beberapa Artikel Tentang Basic Basic Dalam Sertifikasi MTCNA Yaitu :




Di hari yang mendung Ini Saya Akan Membahas Artikel Berikutnya Yaitu Cara Cara Mengakses RouterOS Mikrotik.

Langsung saja ke pembahasannya.


Pembahasan Tentantang Pengertian Jaringan Dan Jenisnya - Cinta Networking
Pembahasan Tentantang Pengertian Jaringan Dan Jenisnya - Cinta Networking

Jaringan (Network) adalah sebuah system operasi yang terdiri atas sejumlah komputer dan perangkat jaringan lainnya dengan system komunikasi data yang melibatkan sebuah atau lebih sistem komputer yang di  hubungkan dengan jalur transmisi yang membentuk suatu system dan bekerja bersama sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama atau suatu jaringa yang bekerja dan terdiri dari titik titik (nodes) yang salimg terhubung satu sama lainnya, dengan kabel atau tanpa kabel (Wireless).

Dengan jaringan, komputer  yang saling terhubung dengan komputer lainnya otomatis kita dapat saling share atau berbagi data ke komputer lainnya dan dapat mencetak sebuah laporan di printer komputer yang lain dari jarak jauh atau beda ruangan, juga dapat memberi berita tau informasi ke komputer yang lain walaupun berlainan area atau beda subnet tetapi dalam satu jaringan.

Jaringan merupakan suatu cara yang sangat efektif dan berguna untuk mempandu pekerjaan manusia dalam mengintegrasikan suatu proses sistem informasi dan menyalurkan arus arus informasi dari saru area ke area lainnya dan dapat di nikmati juda di pakai banyak orang.

Suatu Jaringan komputer dapat dibangun dan diolah dengan mudah jika pengguna yang akan membangun subuah jaringan tersebut dan memahami konsep jaringan itu dengan betul dan sudah berpengalaman tentang msalah seperti ini.

Terutama dalam hal tipe dan arsitektur suatu jaringan komputer, Hal ini sangat lah penting, mengapa penting, karena tipe dan arsitektur dari sebuah jaringan menentukan perangkat perangkat apa saja yang  siperlukan dan harus disediakan untuk membangun jaringan tersebut.

Dalam penggunaan jaringan computer, mulai dari sejarah yang begitu panjang hingga terciptanya jaringan komputer hingga saat ini . kita mengenal  beberapa penggunaan jaringan komputer  yang sering di pakai di belahan dunia ini yaitu Jaringan Tanpa Kabel (Wireless), LAN, MAN, WAN, dan Internet.

      1.   Jaringan Peer To Peer

Pada jaringan peer to peer setiap komputer yang terhubung pada sebuah jaringan dapat berkomunikasi secara langsung dengan komputer komputer lain yang saling tehubung satu sama lain tanpa melalui komputer perantara atau pembantu. Pada jaringan tipe ini sumber daya komputer terbagi pada seluruh komputer yang terhubung langsung dalam suatu jaringan  tersebut, baik sumber daya yang berupa perangkat keras maupun perangkat lunak dan datanya yang di pergunakan didalm sebuah jaringan.

Pembahasan Tentantang Pengertian Jaringan Dan Jenisnya - Cinta Networking
Pembahasan Tentantang Pengertian Jaringan Dan Jenisnya - Cinta Networking

Pada Sebuah komputer yang saling terhubung dalam jaringan peer to peer pada dasarnya mampu untuk bekerja sendiri sebagai sebuah komputer standalone (berdiri sendiri) atau tanpa bantuan dari komputer yang lainya. Dalam Membangun sebuah jaringan yang seperti ini pengguna atau user bisa menggunakan komputer komputer yang memiliki kemampuan yang setara karena keamanan dalam jaringan tersebut diatur dan dikontrol oleh masing-masing komputer dalam jaringan tersebut. Karena dalam jaringan seperti ini tidak adanya computer server atau komputer yang memberikan layanan kepada client client nya. 

Keunggulan dari jaringan peer to peer yaitu :
a.       Antar komputer dalam jaringan dapat saling berbagi pakai fasilitas yang dimilikinya seperti: harddisk, drive, fax/modem, printer, agar semua komputer dapat saling memakai pasilitas yang ada pada sebuah jaringan tersebut.
b.      Biaya operasional relatif lebih murah dibandingkan dengan tipe jaringan client-server karena dalam jaringan ini sangat lah simple dan evesien, salah satunya karena tidak memerlukan adanya server  yang yang memberikan layanan kepada cliennya dan memiliki kemampuan khusus untuk mengorganisasikan dan menyediakan fasilitas  dalm sebuah jaringan.
c.       Kelangsungan kerja jaringan tidak tergantung pada satu server, sehingga bila salah satu komputer mati atau rusak, jaringan secara keseluruhan tidak akan mengalami gangguan apapun dan tidak terpengaruh otomatis jaringan tersebut akan tetap berjalan.

Kelemahan jaringan peer to peer yaitu:
a.       Troubleshooting jaringan relatif lebih sulit, karena pada jaringan tipe peer to peer setiap komputer dimungkinkan untuk terlibat dalam komunikasi yang ada. Di jaringan client-server, komunikasi adalah antara server dengan workstation.
b.      Unjuk kerja lebih rendah dibandingkan dengan jaringan client-server, karena setiap komputer disamping harus mengelola pemakaian fasilitas jaringan juga harus mengelola pekerjaan atau aplikasi sendiri tanpa adnya layanan yan diberikan oleh server.
c.       Sistem keamanan jaringan ditentukan oleh masing-masing user atau pengguna dengan mengatur keamanan masing masing fasilitas yang dimiliki komputer tersebut.
d.      Karena data jaringan tersebar di masing masing komputer dalam jaringan, maka backup harus dilakukan oleh masing-masing komputer tersebut agar bila terjadi hal yang tidak di inginkan misalnya seperi terhapus atau hilangnya data dalam computer tersebut kita dapat me restore naya atau menggembalikan data

Baca Juga :

Contoh Penerapan Jaringan Peer To Peer Dan Client Server Sederhana
Protokol Protokol Dalam Jaringan Komputer
Model OSI Layer 7 Dalm MTCNA

       2. Jaringan Clien Server
Pada sebuah jaringan client-server terdapat sebuah komputer yang berfungsi sebagai server  sebagai pemberi layanan kepada setiap clien yang terhubung ke server sedangkan komputer komputer yang lain berfungsi sebagai client atau sebagai pengguna. Sesuai namanya maka komputer server berfungsi dan bertugas melayani seluruh seluruh komputer yang terdapat dalam jaringan tersebut. Misalnya sebuah server  sebagai pemberi layanan internet kepada setiap client client.



Pembahasan Tentantang Pengertian Jaringan Dan Jenisnya - Cinta Networking
Pembahasan Tentantang Pengertian Jaringan Dan Jenisnya - Cinta Networking

Dalam Jaringan clint server biasanya digunakan juga jaringan wireless atau tanpa kabel yang memugkinkan seseoraang atau pengguna dapat menerima layanan dari jarak jauh menggunakan media acces point atau wireless yang sudah terpasang pada router yang disebarkan menggunakan antenna dan ditangkap menggunakan HP atau laptop.
Pada sebuah jaringan komputer dimungkinkan dan di haruskan untuk digunakannya lebih dari satu komputer server, bahkan dengan kemampuan dan fasilitas yang berbeda tergantung kebutuhannya. Sedangkan komputer-komputer client sesuai dengan namanya menerima pelayanan dari komputer server. Komputer-komputer ini disebut juga dengan workstation, yaitu komputer dimana pengguna jaringan dapat mengakses dan memanfaatkan pelayanan yang diberikan oleh komputer server dengan sebaik baiknya.
Keunggulan jaringan client-server yaitu:
a.       Kecepatan akses lebih tinggi karena penyediaan fasilitas jaringan dan pengelolaannya dilakukan secara khusus oleh satu komputer (server) otomatis memberikan suatu layanan yang tidak dibebani dengan tugas lain sebagai workstation.
b.      Sistem keamanan dan administrasi jaringan lebih baik, karena terdapat seorang pemakai yang bertugas sebagai administrator jaringan, yang mengelola administrasi dan sistem keamanan jaringan untuk mengamankan serangan dari luar.
c.       Sistem backup data lebih baik, karena pada jaringan client-server backup dilakukan terpusat di server, yang akan membackup seluruh data yang digunakan di dalam jaringan.

Kelemahan jaringan client-server yaitu:
a.       Biaya operasional relatif lebih mahal.
b.      Diperlukan adanya satu komputer khusus yang berkemampuan lebih untuk ditugaskan sebagai server untuk membebani atau memberikan layannan yang dibutuhkan client.
c.       Kelangsungan jaringan sangat tergantung pada server. Bila server mengalami gangguan maka secara keseluruhan jaringan akan terganggu termasuk client atau pengguna.

      3 LAN (Local Area Network)

merupakan sebuah jaringan lokal. biasa digunakan untuk konektivitas jaringan yang berada di lokasi yang saling berdekatan tau di dalam satu gedung. Biasanya, suatu jaringan lokal atau LAN membutuhkan sebuah server dan juga host. Client atau station yang terhubung dengan sebuah jaringan LAN bisa saling berbagai dan juga mengakses data yang berada di dalam server atau saling sharing data dan biasanya sharing printer, selama komputer tersebut bisa terhubung ke dalam jaringan LAN tanpa ada kendala apapun.

Pembahasan Tentantang Pengertian Jaringan Dan Jenisnya - Cinta Networking
Pembahasan Tentantang Pengertian Jaringan Dan Jenisnya - Cinta Networking

LAN biasanya milik sebuah jaringan pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yang berukuran beberapa kilometer, kurang lebih 5-10 km biasanya jaraknya berdekatan antar lab. LAN seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer komputer pribadi dan workstation dalam kantor perusahaan atau pabrik-pabrik untuk memakai bersama resources (sumber daya) dan saling bertukar informasi atau sharing dat dan sharing printer. LAN tradisional beroperasi pada kecepatan mulai 10 sampai 100 Mbps dengan delay (waktu tunda) rendah (sekitar puluhan mikrodetik).

Keunggulan dari jaringan LAN yaitu:

a.       Pengiriman data lebi cepat antar computer 
b.      IP hanya sampai di swichkemudian router yang menghubungkan dengan IP public 
c.       Memangkas penggunaan kabel,jika disbanding dengan connectone by one 
d.      Membuat efesiensi kerja lebih produktif sekaligus lebih efektif jugatidak memer;ukan jaringan internet untuk saling terhubung langsung dari komputer satu dengan komputer yang lainnya yang dapat menghemat pengeluaran.
 Kelemahan dari jaringan LAN yaitu :
  
a.  Luas cakupan sempit 
b.  Mudah rekena virus jika salasatu komputer yang terhubung terinfeksi 
c. Kecepatan internetan apalagi jika komputer semakin banyak 

  4. MAN (Metropolitan Area Network)

Merupakan sebuah jaringan yang mungkin jarang ditemui, karena biasanya jaringan ini merupakan jaringan yang di pakai dalam satu kota atau antar gedung. Saat ini lebih banyak penggunannya yaitu WAN dan LAN untuk kepentingan jaringan computer yang lebih simple dan evesien.
 

Pembahasan Tentantang Pengertian Jaringan Dan Jenisnya - Cinta Networking
Pembahasan Tentantang Pengertian Jaringan Dan Jenisnya - Cinta Networking

Jangkauan MAN bisa mencapai 10 km sampai beberapa ratus km. Suatu MAN biasanya bekerja pada kecepatan 1,5 sampai 150 Mbps. MAN juga mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi 

Keunggulan dari jaringan MAN yaitu :

a. Informasi dapat di sebarkan lebih meluas,cepat dan bermakna wilayah nasional
b. Komunikasi antar kantorbisa menggunakan e-mail,chatting, dan video conference (VICON)

     Kelemahan dari jaringan MAN yaitu :

a.     Biasanya biaya oprasionalnya mahal 
b.    Instalasi instruktrrnya tidak mudah 
c. Jika sebuah computer peribadi digunakan sebagi terminal, memindahkan file (file transfer software) membolehkan pengguna untuk mengambil  file dari host ataupun mengantar data ke host Rumit jika terjadi trouble jaringan

Baca Juga :

Pengetahuan Dasar TCP/IP Dalam MTCNA
Cara Instalasi Mikrotik RouterOS

  5. WAN (Wide Area Network)

merupakan sebuah jaringan yang paling luas yang memungkinkan terhungnya atau terkonektivitasnya suatu Negara dan beberapa Negara di dunia. WAN juga memungkinkan komputer kita bias saling terhubung dengan international network alias internet yang mendunia. Dengan WAN, kita dapat berhubungan dengan banyak orang di berbagai belahan dunia hanya dengan sekali klik saja.


Pembahasan Tentantang Pengertian Jaringan Dan Jenisnya - Cinta Networking
Pembahasan Tentantang Pengertian Jaringan Dan Jenisnya - Cinta Networking

WAN bisa memiliki jangkauan yang meliputi 100 km sampai 1000 km, dan kecepatan antar kota bisa bervariasi anatara 1,5 Mbps sampai 2,4 Gbps.

  6.  Jaringan Internet
Jaringan Internet Adalah sebuah jaringan gabungan  dari jaringan jaringan komputer di seluruh Negara di dunia ini  baik itu jaringan LAN, MAN, dan WAN yang dapat terhubung ke internet dan merupakan ragkaian komputer terbesar di dunia dan secara otomatis bias saling terhubung satu sama lainnya jika kita memberi hak akses atau kita tidak memberikan suatu keamanan jaringan pada jaringan tersebut.

Pembahasan Tentantang Pengertian Jaringan Dan Jenisnya - Cinta Networking
Pembahasan Tentantang Pengertian Jaringan Dan Jenisnya - Cinta Networking

Biasanya jaringan internet memiliki Kecepatan yang bervariasi mulai dari 1,5 Mbps sampai dengan 100 Gbps dan jangkauannya mencapai ribuan kilometer.

Mungkin itu sedikit pembahasan artikel tentang Pembahasan Pengertian Jaringan Dan Jenisnya - Cinta Networking   Yang Menjadi Penghangat Di Pagi Ini dan semoga artikel ini dapat berguna dalam menambah ilmu pengetahuan sobat sobat semuanya. Teutama yang sedang Mendalami dasar dasar jaringan.

Terima Kasih Telah Membaca Pembahasan Artikel Di atas Di Blog "cintanetworking" dan Tunggu Beberapa Artikel Terbarunya tentang dunia jaringan.


wassalamualaikum Wr.Wb. 


Jangan Lupa Baca Juga :


Silahkan Berkomentar Di "Pengertian Jaringan Dan Jenisnya - Cinta Networking"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel