Pengetahuan Dasar TCP/IP Dalam MTCNA - Cinta Networking


Pengetahuan Dasar TCP/IP Dalam MTCNA , Asslamualaikum…Selama Datang Di Blog Saya.Oke,Sore Ini Saya Akan Membagikan Suatu Pembahaas Artikel Sekaligus Memberikan Informasi Yang Yang Bermanfaat Bagi Semuanya.Kali Ini Saya Akan Menlanjutkan Pembahasan Artikel Sebelumnya Yaitu Sertifikasi Sertifikasi Yang Di Bawa Mikrotik.

Pada Kesempatan Ini Saya Akan Membahas Tentang Pengetahuan Dasar Sertifikasi MTCNA Yaitu TCP/IP Dalam Jaringan,Yang Harus Di Miliki Ahli Networking Sebelum Mengikuti Tes Sertifikasi MTCNA.

Baca Juga :



Langsung saja ke pembahasannya.




TCP/IP (Transport control protokol) dikembangkan perama kali oleh Defense Advanced Rescarch Projects Agency (DARFA) pada tahun 1970.

Pertama kallinya TCP/IP di terapkan di ARPANET dan mulai berkembang setelah universitas calipornia di barkley pada saat itu mulai lah menggunakan TCP/IP dengan sistem operai UNIX.

TCP/IP adalah salasatu prangkat jaringan komputer (networking softeware) yang terdapat di dalam suatu system,digunakan untuk berkomuniksi data dalam suatu jaringan local area network.(LAN).

- LAN mencakup beberapa ruangan lab.
- MAN mencakup beberapa prusahaan
- WAN mencakup bebrapa prusahaan tetapi antar beberapa negara di seluruh dunia.


maupun internet.protokol ini berfungsi agar bergandengan satu sama lain dalam komunikasi data di dalam suatu jarigan.


TCP/IP pada saat atau dalam dunia yang modern ini dipergunakan dalam banyak jaringan komputer lokal (LAN) yang terhubung ke Internet atau dunia dlam jaringan yang luad, karena karena itu TCP/IP memiliki sifat sebagai berikut :

  1. Protokol standar yang terbuka
  protokol ini merupakan protokol yang gratis dan dikembangkan secara terpisah dari perangkat keras komputer tertentu. oleh Karena itu protokol ini banyak didukung oleh beberapa vendor perangkat keras, sehingga TCP/IP ini merupakan pemersatu atau penghubung perangkat keras komputer yang beragam merk dan jenisnya begitu juga sebagai pemersatu berbagai perangkat lunak yang beragam merk dan jenisnya juga, sehingga walau pun memakai perangkat keras dan perangkat lunak komputer yang berlainan, komputer dan komputer lainnya dapat berkomunikasi data dan bisa saling terhubung satu sama lainnya melalui Internet atau jaringan yang luas. 

2. Berdiri sendiri dari perangkat keras jaringan apapun

 Sifat protokol  ini memungkinkan TCP/IP bergabung saling tehubung dengan banyak jaringan komputer. TCP/IP bisa beroperasi melalui sebuah Ethernet atau port, sebuah saluran dial-up, dan secara virtual melalui berbagai media fisik transmisi data lainnya. 

3. Bisa dijadikan alamat umum 

 Oleh karena itu tiap tiap perangkat jaringan yang memakai protokol TCP/IP akan memiliki sebuah alamat unik dalam sebuah jaringan komputer lokal, atau dalam jaringan kumputer global seperti Internet.

Baca Juga :



Alamat unik itu di kenal sebagai IP Address,dalam ip address di bagi menjadi 2 versi yaiti :


1. IPV4 



Kumpulan atau deretan angka biner sejumlah 32 bit,dan setiap 8 bit nya di batasi oleh titik (.) yang bisa di sebut juga okte.dalam IPV4 ini di bagi lagi menjadi beberapa kelas IP yaitu :



A. IP kelas A = 1 - 126


Jika bit pertama dari sebuah alamat IP adalah angka 0, ini menunjukan network kelas A

  Tujuh bit berikutnya menunjukan identitas network, dan 24 bit terakhir menunjukan identitas host. Ada 128 buah network kelas , tetapi didalam setiap kelas A bisa terdapat ribuan bahkan jutaan host yang bisa saling terhubung satu sama lainnya.

keterangan Kurang dari 128 adalah alamat kelas A, byte pertama adalah bilangan network, tiga byte berikutnya adalah alamat host dan alamat terakhirnya adalah broadcast.
 
B. IP kelas B = 128 - 191

Jika bit pertama dari dua angka alamat IP adalah 10, ini menunjukan alamat IP network kelas B 
 Angka Bit pertama kelas, kemudian 24 bit berikutnya menunjukan identitas alamat network, dan 10 bit berikutnya untuk host. Ada ribuan angka network kelas B dan setiap kelas B dapat berisi ribuan bahkan sampai jutaan  host yang bisa saling terhubung.

Keterangan Dari 128 sampai 191 adalah alamat kelas B, dua byte pertama sebagai alamat network, dan dua byte terakhir sebagai alamat host.dan alamat terakhir sesudah alamat host di sebut broadcast.
 
C. IP kelas C = 192 - 223

Jika bit pertama dari tiga bit alamat IP adalah 110, ini merupakan alamat IP kelas C 

Baca Juga :



 Tiga bit pertama berupa alamat kelas. 21 bit berikutnya sebagai alamat network, dan 8 bit selanjutnya merupakan identitas alamat host. Ada jutaan network kelas C, dan didalam tiap kelas C ada 254 host yang bisa saling terhubung dan bisa saling bertukar data.

 Keterangan Dari 192 sampai 223 adalah alamat kelas C, tiga byte pertama sebagai alamat network, dan byte terakhir sebagai alamat host. sama seperti kelas A  dan B alamat terakhir sesudah alamat host di sebut broadcast.
 
2. IPV6


Pada IPV6 ini mengacu pada nomer versi yang di berikan,juga ter kadang di sebut sebagai next generation dari IPV4.protokol ini merupakan perotokol internet baru yang di kembangkan dengan panjang alamatnya 128 bit. IPV6 ini muncul dan di ciptakan untuk mengatasi perkembangan teknologi di masa yang akan mendatang.



Contoh Alamat IPV6 = 21DA : 00D3 : 0000 : 2F3B : 02AA : 02AA : 00FF : FE28 : GC5A



Jika dilihat alamat ip versi 6 di atas ini mirip dengan alamat Mac address.


Terima Kasih Telah Membaca Pembahaan Artikel Saya Tentang Pengetahuan Dasar TCP/IP Dalam MTCNA Di Blog "cintanetworking",Tunggu Beberapa Artikel Terbarunya tentang basic basic dasar sertifkasi MTCNA.

wassalamualaikum Wr.Wb.

Jangan Lupa Baca Juga :


Silahkan Berkomentar Di "Pengetahuan Dasar TCP/IP Dalam MTCNA - Cinta Networking"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel